Hal Wajib yang Diperlukan untuk Melamar Kerja


sumbarkerja.web.id - Deskripsi: Untuk mendapatkan pekerja, biasanya perusahaan akan memberikan persyaratan yang harus kamu penuhi. Ini hal penting yang diperlukan dalam melamar pekerjaan. Siapapun pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang baik setelah lulus dari bangku sekolah. Dalam mencapai hal itu, tentu kamu harus menentukan terlebih dahulu perusahaan mana yang kamu inginkan.

Jika kamu sudah menentukannya, wajib bagi kamu untuk mengetahui hal penting yang diperlukan dalam melamar pekerjaan.

Untuk melamar pekerjaan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan berkas penting dalam melamar pekerjaan. Berkas-berkas inilah yang akan menentukan apakah kamu akan lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Berikut adalah berkas penting dalam melamar pekerjaan:
Hal Wajib yang Diperlukan untuk Melamar Kerja
Gambar : shutterstock

1. Surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang kamu tulis untuk menginformasikan keseriusan kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Biasanya dalam paragraf pertama surat lamaran kerja, kamu mencantumkan darimana kamu mendapatkan informasi tentang lamaran kerja tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan posisi pekerjaan yang kamu inginkan.

Dalam membuat surat lamaran kerja, kamu harus menggunakan bahasa yang formal dan to the point. Kadang-kadang perusahaan menginginkan kamu untuk membuat surat lamaran dengan tulisan tangan. Jadi pastikan kamu menulisnya dengan rapi dan enak dibaca.

2. Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Salah satu dokumen penting dalam melamar pekerjaan adalah daftar riwayat hidup atau CV. CV merupakan dokumen yang berisi deskripsi tentang kamu seperti biodata pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, dan sebagainya. Agar menarik perhatian HRD, usahakan untuk membuat CV yang menarik namun tidak bertele-tele.

Membuat CV bukanlah hal yang sulit. Kamu cukup melihat contoh CV yang banyak beredar di internet. Satu hal yang perlu dicatat, buatlah CV dengan jujur yang sesuai dengan kemampuan kamu agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

3. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai

Secara umum, perusahaan biasanya hanya mewajibkan untuk melampirkan fotokopi ijazah dari pendidikan terakhir kamu. Namun tidak sedikit pula perusahaan yang menginginkan kamu untuk melampirkan semua ijazah pendidikan serta transkrip nilai. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan semuanya dari awal.

Fotokopi ijazah dan transkrip nilai harus dilegalisir dulu sebelum kamu kirim bersama dengan berkas yang lain. Untuk melegalisir dokumen-dokumen ini, kamu harus pergi ke sekolah kamu yang terdahulu untuk mendapatkan cap basah sebagai bukti bahwa kamu benar-benar lulusan sekolah tersebut.

4. Fotokopi KTP

Pertama-tama, kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah KTP kamu masih berlaku atau tidak. Tentu hal ini hanya berlaku bagi pemegang KTP lama. Jika kamu sudah memegang E-KTP, kamu tidak perlu khawatir karena E-KTP berlaku seumur hidup.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah alamat yang tertera di KTP kamu. Pastikan alamat kamu yang sekarang sama dengan alamat yang tertera di KTP. Jika berbeda, kamu bisa mengunjungi Kantor Catatan Sipil terdekat untuk merubah domisili kamu.

5. Surat keterangan sehat

Surat keterangan sehat atau juga dikenal dengan nama surat keterangan dokter harus dikeluarkan oleh dokter. Tidak harus ke rumah sakit, kamu bisa mendapatkan surat keterangan dokter di klinik praktek dokter atau puskesmas terdekat.

Biasanya surat keterangan dokter ini diminta jika kamu sudah lolos tahap pertama. Namun tidak ada salahnya mempersiapkan semua berkas persyaratan lamaran kerja ini dari awal.

6. SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian

SKCK adalah surat keterangan yang berisi informasi apakah seseorang berperilaku baik atau pernah melakukan tindakan kriminal. Biasanya, SKCK berlaku selama 6 bulan dan bisa diperpanjang jika masa berlaku belum berakhir.

Beberapa dokumen penting dalam pembuatan SKCK adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran, dan pas foto dengan latar belakang merah. Jika kamu sibuk dan tidak punya banyak waktu, kamu bisa membuat SKCK secara online.

7. Surat keterangan pencari kerja

Berkas penting lainnya adalah surat keterangan bahwa kamu sedang mencari pekerjaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Surat keterangan ini berbentuk kartu berwarna kuning yang disebut dengan Kartu AK-1. Kartu AK-1 merupakan berkas wajib yang harus dilampirkan jika kamu melamar pekerjaan di instansi pemerintah.

Cara membuatnya hampir sama dengan SKCK. Kamu cukup datang ke kantor Kemenakertrans di kota kamu dengan berkas-berkas yang diperlukan.

8. Pas foto

Kriteria pas foto yang diinginkan perusahaan satu dengan lainnya kadang-kadang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan pas foto dengan berbagai ukuran yaitu 2x3, 3x4, dan 4x6. Latar belakang pas foto yang digunakan secara umum berwarna biru atau merah.

Pastikan dalam pas foto tersebut kamu memakai pakaian yang formal dan berpenampilan rapi. Bagi pria sebaiknya menggunakan jas dan bagi perempuan menggunakan blazer. Persiapkan foto ini sebaik mungkin karena kamu tidak menginginkan first impression yang buruk dari calon atasan kamu.
Demikianlah hal penting yang diperlukan dalam melamar pekerjaan. Pastikan kamu mempersiapkannya dengan baik agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian kamu. Selamat berjuang!

Yuk SHARE/BAGIKAN informasi lowongan kerja ini: