Jangan Senang Dulu Walaupun Anda Tamatan Diploma / Sarjana


Ternyata, lulusan diploma ataupun sarjana susah cari kerja disebabkan karena alasan berikut ini. Memiliki jenjang pendidikan yang tinggi memang membantu mendapatkan kesempatan bekerja lebih luas. Namun, gelar sarjana atau diploma yang diperoleh tidak bisa menjamin 100% untuk seseorang mendapatkan pekerjaan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sarjana susah cari kerja.
Jangan Senang Dulu Walaupun Anda Tamatan Diploma / Sarjana
Gambar : www.peakprosperity.com

Tidak Memiliki Skill

Selama di perkuliahan, banyak mahasiswa yang dituntut untuk cepat lulus kemudian mencari kerja. Namun, memiliki nilai IP yang tinggi tidak menjamin seseorang mudah mendapatkan pekerjaan.

Tidak adanya skill yang mumpuni apalagi yang sesuai dengan kriteria perusahaan, menjadi faktor utama sarjana sulit cari kerja. Skill yang dimaksud tidak hanya sebatas hardskill namun juga soft skill. Kedua kemampuan tersebut akan berpengaruh dan membantu dalam perkembangan karir.
Apalagi saat ini dimana era digital sedang berkembang dengan pesan, skill yang berkaitan dengan dunia digital juga penting. Setidaknya kamu harus menguasai agile thinking ability dan interpersonal and communication skill.

Selain itu, global skill juga diperlukan. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan berbahasa asing, menyatu dengan orang yang berbeda budaya, memiliki sensitivitas nilai budaya. Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, hal itu akan menjadi nilai plus yang besar saat melamar pekerjaan.

Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Banyaknya lulusan yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan juga menjadi penyebab lulusan sarjana susah cari kerja.

Perusahaan memiliki kualifikasi tersendiri untuk pekerja agar sesuai dengan visi misi perusahaan. untuk mencari pekerja yang kompeten maka akan menentukan kriteria yang tepat sesuai kebutuhan. Karena hal tersebut, biasanya perusahaan akan menentukan lulusan apa yang diprioritaskan.
Persyaratan tersebut membuat sebagian besar lulusan sarjana tidak bisa mendaftar karena jikapun mendaftar tidak akan masuk kualifikasi. Sedikitnya lowongan pekerjaan yang tidak sebanding dengan lulusan menyebabkan jumlah lulusan sarjana menganggur.

Pencari Kerja yang Pemilih

Jika mencari lowongan pekerjaan, ada banyak loker yang bisa dipilih lalu dilamar. Namun, para pencari kerja seperti lulusan sarjana atau diploma memiliki lebih banyak dibandingkan yang memiliki jenjang pendidikan SMA ke bawah.

Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adalah, gaji, lokasi, nyaman tidaknya, lembur, shift dan yang lainnya.

Persaingan yang Meningkat

Semakin banyak orang yang lulus menjadi ahli madya maka semakin banyak saingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Inilah kenapa sarjana susah cari kerja.

Akan semakin susah lagi kalau kamu tidak meningkatkan skill atau kemampuan yang kamu miliki. Jika hanya berpatokan pada nilai dan kemampuan saat kuliah sedangkan saat ini zaman sudah maju dan banyak perubahan, kamu akan kalah bersaing.

Tidak Memiliki Pengalaman Kerja

Mempunyai pengalaman kerja/berorganisasi akan menjadi nilai plus bagi kamu. Apalagi kini perusahaan banyak yang menginginkan fresh graduate yang sudah memiliki pengalaman. Artinya, tidak memiliki pengalaman kerja akan memperkecil peluang untuk diterima di posisi yang kamu lamar.

Jika pun kamu belum ada pengalaman sama sekali, kamu bisa mencantumkan pengalaman freelance atau part time atau magang.

CV Kurang Meyakinkan

Sebelum memilih kamu sebagai salah satu kandidat, perusahaan tentunya akan melihat CV kamu. Tampilan CV yang biasa saja akan kurang menarik perhatian bagi HRD. Apalagi isi dari CV yang tidak lengkap, akan membuat CV kamu terpinggirkan dan tidak terseleksi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat CV yang terlihat modern namun tidak terlalu berlebihan. Jangan lupa untuk melengkapi CV sesuai dengan data yang sebenarnya, termasuk pengalaman kerja dan data diri.

Itulah alasannya mengapa banyak sarjana susah cari kerja. Jadi, mulai kembangkan skill dan promosikan diri kamu dengan baik misalnya dengan CV dan portofolio agar perusahaan tertarik untuk merekrut.

Yuk SHARE/BAGIKAN informasi lowongan kerja ini:



sssssssssssssssssssss